http://rev-all.blogspot.com/search/label/Perangkat%20Muslim

25 Oktober 2014

Aplikasi: VNC Viewer versi 1.2.8 - Client remote Android VNC (cocok untuk layar layar 5 inc dan ke bawah)

Bismillah,
Berbicara tentang VNC atau aplikasi untuk meremote PC dengan Android atau sesama perangkat Android adalah hal yang sangat menarik tentunya, khususnya untuk sobat rev-all yang suka utik. Dan di PlayStore juga terdapat aplikasi semacam ini cukup banyak meskipun kita perlu memilihnya.

Sebelumnya pernah kita bahas server VNC bernama Droid VNC server yang dengan aplikasi tersebut Android sobat dapat dikendalikan menggunakan client VNC atau VNC Viewer baik dari PC maupun sesama perangkat Android via wi-fi, sedangkan untuk via internet meskipun dari developer bisa tetapi saya belum bisa praktik karena keterbatasan ilmu.

Nah, kali ini saya akan mengulas sebuah aplikasi VNC Viewer yang cocok untuk perangkat Android berlayar 5 inch atau lebih kecil, sedangkan untuk yang layar lebih lebar saya sarankan menggunakan aplikasi Client VNC yang pernah saya ulas di sini. Berikut tentang aplikasi yang akan kita ulas:

Nama
: VNC Viewer
Versi
: 1.2.8
Update
: September 2014
Ukuran file
: 4,1 Mb
Versi Android
: 2.1 dan lebih baru
Developer
: RealVNC Limited
Situs
: realvnc.com

Ikon VNC Viewer versi 1.2.8 - Client VNC andrid untuk meremot PC atau sesama android via wifi cocok untuk layar 5 inc dan ke bawah (rev-all.blogspot.com)
Aplikasi VNC Viewer versi 1.2.8
Dari ikon mungkin sebagian dari Anda masih bertanya-tanya apakah fungsi dari aplikasi ini, tetapi jika sobat sudah mengetahui maksud VNC (Virtual Network Computing) atau jaringan remote PC/ antar perangkat (mulai dari tampilan, keyboard, dan mouse) - pengertian ini dapat Anda baca di wikipedia dalam bahasa inggris[1] - maka Anda akan mendapati 2 kemungkinan fungsi dari aplikasi ini yaitu kalau tidak server  ya client/ viewer untuk VNC. Kemudian mencoloknya huruf V dengan ukuran besar dan warna merah saya kira cukup menggambarkan maksud dan fungsi aplikasi yaitu sebagai Viewer  VNC. Baiklah, daripada membahas hal kecil yang mungkin tidak terlalu penting berikut adalah tampilan utama aplikasi ini:
Tampilan utama VNC Viewer versi 1.2.8 - Client VNC andrid untuk meremot PC atau sesama android via wifi cocok untuk layar 5 inc dan ke bawah (rev-all.blogspot.com)
Tampilan utama VNC Viewer
Pada tampilan utama ini Anda akan mendapati daftar server yang pernah Anda daftarkan dan pernah Anda remote beserta screenshot tampilan terakhir yang tampil pada perangkat yang diremot tersebut.

Kelebihan:
+ Gratis, tanpa iklan
+ Tampilan sederhana dan mudah digunakan
+ Tampilan aplikasi memuaskan
+ Dapat melakukan zoom dengan mudah dan leluasa
+ Dapat menyimpan pengaturan
+ Dapat menentukan kualitas gambar (otomatis, tinggi, dan rendah)
+ Terdapat menu bantuan
+ Lain-lain

Kekurangan:
- Tidak ada mode view-only atau untuk melihat saja (tanpa remote mouse & keyboard)
- Keyboard virtual pada perangkat Android tidak langsung muncul otomatis ketika waktunya mengetik/ melakukan tap pada area pengetikan

Kesimpulan:
Meskipun ukuran aplikasi ini sekitar 4x lebih besar jika dibandingkan dengan client VNC sebelumnya (bVNC free), mengingat mudahnya penggunaan dan bagusnya jika digunakan pada layar 5 inc ke bawah maka saya menyarankan kepada sobat yang membutuhkan aplikasi seperti ini untuk menggunakan aplikasi ini. Tapi untuk sobat yang menggunakan perangkat 5 inc ke atas silahkan menggunakan bVNC free.
Untuk sobat yang ingin melihat video demo/ membaca tutorial remote sesama perangkat android menggunakan aplikasi ini silahkan klik di sini.
Untuk Anda yang ingin download apk-nya silahkan klik salah satu link berikut:


Sekian ulasan kali ini.
Semoga bermanfaat.

Referensi:
[1] VNC (Virtual Network Computing)
konsultasisyariah.com
-- free space --
Untuk sobat yang suka dengan ulasan-ulasan pada blog ini,
silahkan berlangganan via e-mail.

Masukkan alamat e-mail:

Buka e-mail Anda untuk konfirmasi berlangganan.

1 komentar:

Silahkan meninggalkan komentar.
Kritik & Saran. Terimakasih atas kehadiran dan juga ukiran jejak Anda.