http://rev-all.blogspot.com/search/label/Perangkat%20Muslim

18 Oktober 2014

Aplikasi: Litelogfree versi 1.2.4 - Rekam aktivitas Anda, lalu amati dalam bentuk teks & grafik

Bismillah,
Hai sobat rev-all, bagaimana aktivitas Anda hari ini? apakah lancar dan baik-baik saja? Semoga saja seperti yang diharapkan atau bahkan lebih baik dari apa yang direncanakan. Berbicara tentang aktivitas, saya akan mengulas sebuah aplikasi perkantoran khsusunya untuk manager diri. Dengan aplikasi ini Anda dapat membuat kategori aktivitas sendiri untuk pertama kali, kemudian ketika Anda melakukan sebuah aktivitas tinggal melakukan tap pada tombol mulai/ sedang melakukan aktivitas tertentu.

Tentu tidak hanya itu saja, fungsi dari aplikasi ini selain nantinya Anda dapat mengetahui hasil riwayat aktivitas Anda per hari/ minggu/ bulan atau seluruhnya Anda juga dapat mengamatinya dalam bentuk teks ringkas atau grafik. Dalam bentuk grafik, tersedia 3 macam yaitu grafik batang, grafik time-line atau garis waktu, dan terakhir grafik komulatif yang menampilkan analisis aktivitas dalam bentuk jumlah dari hari yang ditentukan dapat melihat dalam 2 hari, 3 hari terakhir, atau minggu terakhir, 10 hari terakhir, dan sebagainya bahkan Anda dapat menentukan analisis pada tanggal yang diinginkan (dimulai dari tanggal sekian sampai tanggal sekian). Baiklah, langsung saja berikut tantang aplikasi tersebut:

Nama
: Litelogfree
Versi
: 1.2.4
Update
: April 2013
Ukuran file
: 245 Kb
Versi Android
: 2.2 dan lebih baru
Developer
: soramimi
Situs
: blog.livedoor.com

Ikon aplikasi android LITELOG FREE versi 1.2.4 - Aplikasi untuk mencatat aktivitas dengan cepat dan mengetahui riwayat aktivitas Anda dalam bentuk teks dan grafik (rev-all.blogspot.com)
Ikon aplikasi Litelogfree
Dari segi ikon sepertinya tidak perlu dipermasalahkan karena mungkin cukup sulit untuk menggambarkan hal ini tetapi intinya jam dengan grafik atau yang lainnya cukup menggambarkan fungsi dari aplikasi dalam bentuk ini, jadi dari segi ikon sudah cukup menggambarkan fungsi aplikasi. Tetapi sayang bagusnya ikon tidak didukung dengan namanya, karena LiteLogfree tidak menggambarkan apa yang dilog atau apa yang akan dijadikan riwayat? tentu kita akan bertanya-tanya tentang fungsinya. Berbeda kalau nama aplikasi ini Lifelogfree, atau LifeLoggerfree, atau ActivityLogger free, dan sebagainya yang menggambarkan yang akan diriwayatkan adalah tentang kehidupan atau aktivitas pengguna.

Berikut adalah tampilan utama aplikasi ini:
Tampilan utama aplikasi android LITELOG FREE versi 1.2.4 - Aplikasi untuk mencatat aktivitas dengan cepat dan mengetahui riwayat aktivitas Anda dalam bentuk teks dan grafik (rev-all.blogspot.com)
Tampilan utama
Dari tampilan utama, kita disajikan daftar aktivitas beserta tombol mulai/ berakhirnya aktivitas. Untuk pertama kali menggunakan aplikasi ini mungkin cukup bingung cara mengedit kategori dan item aktivitas tetapi sebenarnya tidaklah sulit. 

Untuk cara mengedit aktivitas atau grup aktivitas silahkan tekan/ tap lama pada item aktivitas/ grup bersangkutan, maka akan muncul menu pengeditan dan sebagainya.

Berikut adalah tampilan menu ketika Anda melakukan tap pada tombol menu perangkat Anda:
Menu LITELOG FREE versi 1.2.4 - Aplikasi untuk mencatat aktivitas dengan cepat dan mengetahui riwayat aktivitas Anda dalam bentuk teks dan grafik (rev-all.blogspot.com)
Pilihan menu
Pada versi ini Anda dapat melakukan ekspor data aktivitas, tetapi tidak dapat melakukan impor atau memasukkan hasil eksport data (entah untuk versi berbayarnya bisa atau tidak, saya kurang tahu karena developer aplikasi ini menggunakan bahasa Jepang). Kemudian untuk melihat apa saja yang ada dalam menu Settings silahkan tap, dan berikut ini adalah tampilan pengaturan:
Pengaturan LITELOG FREE versi 1.2.4 - Aplikasi untuk mencatat aktivitas dengan cepat dan mengetahui riwayat aktivitas Anda dalam bentuk teks dan grafik (rev-all.blogspot.com)
Tampilan pengaturan
Button delay-time adalah jarak waktu penampilan kembali tombol suatu aktivitas ketika kita baru saja melakukan aktivitas tersebut. Langsung saja berikut adalah contoh laporan aktivitas dalam bentuk grafik:
Contoh analisis grafik aktivitas LITELOG FREE versi 1.2.4 - Aplikasi untuk mencatat aktivitas dengan cepat dan mengetahui riwayat aktivitas Anda dalam bentuk teks dan grafik (rev-all.blogspot.com)
Laporan/ analisis aktivitas dalam bentuk grafik

Kelebihan:
+ Gratis (dengan iklan, tetapi tidak selalu)
+ Dapat mengedit secara leluasa grup aktivitas dan item aktivitas
+ Ukuran aplikasi kecil dan ringan
+ Tampilan sederhana dan mudah digunakan
+ Dapat melihat analisis/ laporan dalam bentuk teks dan grafik
+ Grafik analisis aktivitas bermacam-macam
+ Dapat melihat laporan beberapa hari terakhir, minggu, bulan, bahkan berdasarkan rentang waktu yang diinginkan oleh pengguna

Kekurangan:
- Tidak ada fasilitas import data
- Tidak dapat melihat laporan gabungan dari beberapa grup yang dipilih (hanya dapat melihat laporan per grup atau per item dalam grup tertentu)
- Pada deskripsi aplikasi di PlayStore masih menggunakan bahasa Jepang
- Sudah lama tidak update

Kesimpulan:
Meskipun mungil, aplikasi ini memiliki fasilitas dan kelebihan yang banyak. Dan dapat dibilang lebih baik dari aplikasi-aplikasi yang ada saat ini di playstore hanya saja kekurangan yang ada juga perlu dibenahi tetapi sayang developer tidak aktif. Untuk Anda yang ingin backup aplikasi ini, tenang saja Anda dapat membackup data aktivitas Anda menggunakan aplikasi pembackup bernama Helium yang berada di PlayStore khususnya untuk perangkat Anda yang sudah diroot. Jadi aplikasi ini saya rekomendasikan untuk sobat yang memerlukan aplikasi semacam ini.

Untuk Anda yang ingin download apk-nya silahkan klik salah satu link berikut:



Sekian ulasan kali ini.
Semoga bermanfaat.
konsultasisyariah.com
-- free space --
Untuk sobat yang suka dengan ulasan-ulasan pada blog ini,
silahkan berlangganan via e-mail.

Masukkan alamat e-mail:

Buka e-mail Anda untuk konfirmasi berlangganan.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan komentar.
Kritik & Saran. Terimakasih atas kehadiran dan juga ukiran jejak Anda.