http://rev-all.blogspot.com/search/label/Perangkat%20Muslim

17 Agustus 2014

Aplikasi: CSV Viewer, pembuka file csv Android

Bismillah,
Apa kabar sobat rev-all? Semoga baik-baik saja ya.
Lama tidak menulis khususnya untuk mengisi blog ini, sebenarnya ingin segera menulis selain ada kesibukan di dunia offline kemudian masih belum ada semangat untuk mengulas aplikasi maupun game android. Nah, setelah kesibukan dunia offline sudah berlalu beberapa hari lalu kali ini saya semangatkan untuk menulis di blog ini yaitu untuk mengulas sebuah aplikasi yang berfungsi untuk membuka dokumen berformat .csv.

Apakah dokumen .csv itu?
Sebelum memulai mengulas aplikasi, untuk menambah sedikit ilmu untuk sobat yang mungkin ada sobat yang belum tahu atau masih asing dengan format dokumen tersebut maka secara ringkas akan saya bagi sedikit tentang dokumen tersebut. Sedangkan untuk sobat yang sudah mengetahui bisa tidak membaca bagian ini atau mengoreksi jika ada yang salah :).

CSV merupakan singkatan dari Comma Sparated Value adalah dokumen variabel yang dipisahkan dengan koma dalam arti setiap nilai (value) yang berbeda dari dokumen tersebut dipisahkan dengan koma.[1] Sebagai contoh pada baris pertama saya memiliki baris Nama, Alamat, Golongan darah untuk baris kedua pada dokumen tersebut digunakan untuk isi dari judul tersebut (dapat diasumsikan baris pertama pada sebuah kolom) kemudian untuk baris kedua dan selanjutnya dapat berisi nama seseorang, alamat, dan golongan darahnya. Dokumen ini sangat mudah digunakan untuk backup data atau membuat catatan terstruktur dari sebuah kegiatan pribadi maupun organisasi dan juga yang lainnya.

Untuk sobat yang sudah mengenal dokumen jenis ini mungkin sudah tahu aplikasi apa saja yang dapat membukanya baik di perangkat android ataupun di PC. Untuk perangkat Android, aplikasi ini adalah salah satu yang digunakan untuk membuka dokumen tersebut. Berikut ini adalah tentang aplikasi tersebut:

Nama
: CSV Viewer
Versi
: 2.7.0
Update Terakhir
: 22 Juni 2014
Ukuran file
: 1,76 MB
Versi Android
: 2.2 dan lebih baru
Developer
: Shiratori
Situs
: -

Berikut adalah screenshot ikon dan pengaturan aplikasi:

Ikon CSV viewer - aplikasi android untuk melihat file format csv (rev-all.blogspot.com)
Ikon aplikasi android: CSV Viewer

pengaturan CSV viewer - aplikasi android untuk melihat file format csv (rev-all.blogspot.com)
Pengaturan aplikasi

Kelebihan:
+ Gratis, tanpa iklan
+ Desain aplikasi simpel
+ Ringan

Kekurangan:
Saya tidak mengetahui kekurangan pada aplikasi ini.

Kesimpulan:
Aplikasi ini sangat cocok untuk sobat yang sering "bermain" dokumen .csv, yah meskipun tidak dapat mengedit tetapi seperti namanya kan hanya untuk melihat dokumen tersebut. Atau mungkin sobat sudah memiliki aplikasi perkantoran yang dapat membuka dan mengedit dokumen .csv maka sobat tidak perlu untuk memasang aplikasi ini :). Sebagai contoh jika sobat memilikii WPS Office (Kingsoft Office), maka sobat dapat membukanya dengan aplikasi tersebut dan tidak perlu menggunakan aplikasi csv viewer semacam ini.

Untuk Anda yang ingin download silahkan klik link berikut:
[Lihat CSV Viewer di Google Play]
[download apk CSV Viewer via Box.com]

Sekian.
Semoga bermanfaat.

Referensi:
[1] Ekstensi file csv
konsultasisyariah.com
-- free space --
Untuk sobat yang suka dengan ulasan-ulasan pada blog ini,
silahkan berlangganan via e-mail.

Masukkan alamat e-mail:

Buka e-mail Anda untuk konfirmasi berlangganan.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan komentar.
Kritik & Saran. Terimakasih atas kehadiran dan juga ukiran jejak Anda.