http://rev-all.blogspot.com/search/label/Perangkat%20Muslim

17 Juni 2014

Aplikasi: ES File Explorer 3, File manager yang hebat

Bismillah,
Sudah dua kali saya menyebut aplikasi ini dalam review aplikasi lain yaitu pada ulasan aplikasi FTP Server dan Bluetooth File Transfer, namun saya belum pernah mereiew aplikasi ini sebelumnya. Nah, karena aplikasi ini yang sangat powerful dan diperlukan maka saya akan membahasnya kali ini, langsung saja berikut tentang ES Explorer:

Nama
: ES File Explore File Manager
Versi
: 3.1.7.1
Update Terakhir
: Juni 2014
Ukuran file
: 4,2 M
Versi Android
: Bervariasi
Developer
Situs
: estrongs.com

Ikon aplikasi Es file explorer file manager - penjelajah file yang memiliki banyak fasilitas dan powerful (rev-all.blogspot.com)
Ikon ES File Explorer File Manager
Dilihat dari icon di atas terdapat angka 3, yups ini adalah ES 3 bukan ES Explorer saja. Karena pada versi ES Explorer (tanpa angka 3) fasilitas yang ada sederhana dan tidak sehebat ES Explorer 3. Coba kita lihat tampilan utama dari aplikasi ini:
Tampilan utama aplikasi Es file explorer file manager - penjelajah file yang memiliki banyak fasilitas dan powerful (rev-all.blogspot.com)
Tampilan Utama
Selain tampilan utama di atas, sebenarnya kita diberi tampilan Home yang cukup unik dan menarik yaitu untuk menampilkan jumlah foto, video, aplikasi, dan lain-lain kemudian juga ada memori internal dan eksternal beserta pemakaiannya, berikut adalah screenshotnya:
Home aplikasi Es file explorer file manager - penjelajah file yang memiliki banyak fasilitas dan powerful (rev-all.blogspot.com)
Tampilan Home
Selain keunikan yang dimiliki aplikasi ini memiliki banyak sekali fasilitas yang bemanfaat untuk berbagi file, mempermudah penataan data, dan lain-lain. Penasaran? silahkan lihat fasilitas-fasilitas yang ditawarkan di bawah ini:

Fasilitas:
  • Home atau Beranda, pada tampilan ini (lihat screenshot Home) Anda akan diberi sebuah tampilan yang menarik dan secara cepat Anda akan tahu berapa jumlah foto, audio, video, dokumen lain, dan aplikasi yang ada pada perangkat Anda. Selain itu juga ada kotak pencarian, grafik batang memori internal dan eksternal yang menggambarkan pemakaian dan total ukuran memori. Lalu dibawahnya Anda disajikan jalan pintas menuju penyimpanan cloud, penglola jarak jauh (pengelola remote), LAN, dan lain-lain.
  • Theme atau Tema, terdapat beberapa tema dari aplikasi ini. Namun untuk bawaan saya kira sudah cukup bagus namun Anda juga dapat menyesuaikan warna/ gambar latar belakang (background) sesuai dengan selera Anda, lalu mengatur warna teks, dan gaya folder.
  • Tab atau Jendela, fasilitas ini mengizinkan Anda untuk membuka banyak tabulasi dalam aplikasi ini, misalkan tab pertama adalah untuk memori internal, tab kedua untuk memori eksternal, tab ketiga untuk penyimpanan cloud, dan lain-lain
  • View atau Lihat, selain dapat melihat dengan tampilan detail-sedang (seperti yang terlihat pada screenshot utama) Anda juga dapat melihat dengan 8 macam yang lain yaitu: Ikon besar, ikon sedang, ikon kecil, kemudian daftar besar, daftar sedang, daftar kecil, detail besar, dan detail kecil.
  • Size atau Ukuran, kita dapat mengurutkan dokumen berdasarkan nama, jenis file, ukuran, atau juga waktu diubah. Selain empat jenis pengurutan tersebut dalam urutan dari yang kecil sampai besar atau yang lama ke yang baru juga dapat dibalik dari yang besar sampai kecil dan seterusnya.
  • Search atau Cari, dengan fasilitas ini kita dapat mencari sebuah file pada sebuah direktori dengan memasukkan nama file.
  • Browser, selain sebagai penjelajah file aplikasi ini memiliki fasilitas tambahan yaitu browser. Dengan demikian kita dapat menjadikan aplikasi ini sebagai browser alternatif ketika suatu ketika kita mencari data kemudian tidak ditemukan kita dapat mencarinya secara langsung melalui aplikasi tanpa harus membuka browser.
  • Password atau kata sandi, pada menu ini kita diberi 3 fasilitas yaitu perlindungan ketika masuk aplikasi, perlindungan file tersembunyi, dan perlindungan jaringan. Masing-masing dapat dihidupkan atau dimatikan secara sendiri.
  • Backup Pengaturan, Anda dapat menyimpan pengaturan aplikasi ini untuk mempermudah pengembalian pengaturan ketika menggunakan perangkat lain atau sobat ganti perangkat, atau dalam kasus lain yang membutuhkan pengaturan cepat seperti pengaturan aplikasi ES File Explorer saat ini.
  • Backup Aplikasi, fasilitas ini mengizinkan Anda untuk melakukan backup aplikasi (dapat juga backup aplikasi sistem tanpa harus root).
  • Recycle Bin, meletakkan file yang dihapus pada Recycle Bin jadi file tersebut dapat dikembalikan namun sebagai catatan file tersebut dihapus dari aplikasi ES File Explorer.
  • Pustaka, pada menu ini Anda dapat melihat dokumen yang dikelompokkan berdasarkan jenis dokumen yaitu: gambar, musik, film, dan buku.
  • Jaringan, pada menu ini Anda diberi 4 fasilitas yaitu: LAN yaitu untuk menjelajahi file perangkat yang terhubung melalui jaringan wifi. Cloud yaitu fasilitas untuk mengelola data awan yang saat ini support untuk Box, SugarSync, DropBox, OneDrive, Google Drive, S3, Yandex, dan Bitcasa. FTP untuk berbagi secara cepat (dapat copy-paste) dengan via wifi dengan bentuk file transfer protocol (ftp). Bluetooth seperti halnya fasilitas FTP namun ini khusus untuk via Bluetooth.
  • Analis Kartu SD, fasilitas ini dapat menganalisis memori eksternal atau SD-Card agar kita tahu folder mana yang memiliki ukuran yang besar dan untuk apa saja.
  • Pengelola Net atau Pengelola Jaringan, adalah untuk membuat hotspot portable atau menyambungkan pada sebuah hotspot yang ada dan keluar dari hotspot.
  • Clipboard atau Papan Klip, dengan fasilitas ini sobat tidak perlu susah payah memikirkan apa saja yang tadi saya copy dan khawatir kehilangan yang telah dicopy dan manfaat lainnya.
  • Multi Bahasa, selain bahasa Internasional aplikasi ini memiliki bahasa yang banyak diantaranya bahasa Indonesia, Spanyol, Itali, Korea, dan lain-lain. Namun secara default atau bawaan aplikasi ini memilih bahasa secara otomatis atau menyesuaikan dengan pengaturan perangkat Anda.
  • Gesture atau Gerak, untuk jalan pintas atau akses cepat menuju sebuah fasilitas/ folder.
  • Menyembunyikan file & folder
  • Menampilkan ikon aplikasi pada folder.
  • Menampilkan file tersembunyi.
  • Mengaktifkan/ nonaktifkan thumbnail (ibu jari) gambar.
  • Menjelajah secara root (untuk perangkat yang sudah diroot).
  • Dapat membersihkan riwayat & cache saat keluar (dapat diatur pada pengaturan).
  • Dapat mengatur direktori yang menjadi tampilan utama pada pengaturan.
  • Lain-lain yang mungkin tidak saya ketahui.
Kelebihan:
+ Gratis, tanpa iklan dan tidak ada versi berbayar
+ Banyak fasilitas, namun ukuran tetap kecil
+ Dapat backup aplikasi sistem tanpa root
+ Simpel dan mudah digunakan
+ Memiliki fasilitas browser
+ Memiliki fasilitas recycle bin 
+ Lain-lain

Kekurangan:
Sependek pengetahuan saya dan berdasarkan pengalaman saya memakai aplikasi ini belum ada kekurangan yang saya temukan, hanya saja terdapat beberapa kesulitan berikut:
- Mengatur hak akses (read, write, read-only, atau yang lainnya) pada sebuah folder
- Mencari pengaturan gerak atau gesture

Kesimpulan:
Melihat fasilitas yang sangat banyak dan mumpuni untuk berbagi dan mengolah file, maka aplikasi ini sangat tepat untuk sobat gunakan dalam hal pengelolaan file. Jadi, aplikasi ini saya masukkan dalam kategori Kami Rekomendasikan. Untuk mengatur hak akses folder atau file maka silahkan lihat di propertis.

Untuk Anda yang ingin download silahkan klik link berikut:
[Lihat ES Explore File Manager di Google Play]
[download apk ES Explore File Manager via Box.com]

Link yang mungkin bermanfaat:
Sekian.
Semoga bermanfaat.
konsultasisyariah.com
-- free space --
Untuk sobat yang suka dengan ulasan-ulasan pada blog ini,
silahkan berlangganan via e-mail.

Masukkan alamat e-mail:

Buka e-mail Anda untuk konfirmasi berlangganan.

2 komentar:

  1. es file tetap ada kekurangannya sob

    baca di http://afidalba.blogspot.com/2016/01/kekurangan-aplikasi-file-manager.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Info yang bermanfaat gan, terimakasih atas share dan tambahan pengetahuannya

      Hapus

Silahkan meninggalkan komentar.
Kritik & Saran. Terimakasih atas kehadiran dan juga ukiran jejak Anda.